URGENSI HEUTAGOGY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENULISAN NASKAH DRAMA DI UNIVERSITAS PERADABAN (THE URGENCY OF HEUTAGOGY IN THE LEARNING OF DRAMA SCRIPT WRITING AT PERADABAN UNIVERSITY)

Cintya Nurika Irma, Noviea Varahdilah Sandi, Bagiya Bagiya

Abstract


This study aims to describe and explain the urgency of Heutagogy in learning to write drama scripts at the University Peradaban. This research is a case study with a sample of second semester students of PBI (Indonesian Language Education) FKIP (Faculty of Teacher Training and Education), University Peradaban. This study uses technical and source triangulation to triangulate data. The results showed that heutagogy in drama script writing using local wisdom was able to improve (a) critical thinking, (b) independence, (c) communication, and (d) lifelong learning. In addition, the successful application of drama script writing based on local wisdom is carried out through a process of desire, ability, means, and need.


Keywords


heutagogy, writing, drama script

Full Text:

PDF

References


Alfin, Jauharoti. 2018. “Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Pentas. Vol. 4 (2), pp: 61-66.

Ariyani, Rika. 2017. “Membangun Budaya Menulis untuk Mewujudkan Dosen Professional”. Proceeding Seminar Nasional Budaya Literasi.

Budianta, Melainie, dkk. 2002. Membaca Sastra. Magelang: Indonesiatera.

Hatton, MJ 1997. Pembelajaran Seumur Hidup: Politik, Praktek dan Program. Kanada: APEC.

Hiryanto. 2017. “Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi serta Implementasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat”. Jurnal Dinamika. Vol. XXII (1), pp: 65-71.

Idris, Husni. 2011. “Pembelajaran Model Blended Learning”. Jurnal Iqra. Vol.5, No.1, hlm: 61-73.

Irma, Cintya Nurika. 2019. “Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dalam Pembelajaran Mendongeng Pada Mahasiswa PIAD di STAINU Purworejo”. Dipresentasikan pada Seminar Nasional “Peran Akademisi di Era 4.0 dalam Mengembangkan IPTEKS” di STAINU Temanggung pada 6 April 2019.

Irma, Cintya Nurika & Ririn Setyorini. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara dengan Metode Student Facilitator and Explaning di Universitas Peradaban”. Jurnal Kredo. Vol 2, No 1, hlm: 157-169.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Muslich, Masnur. 2008. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwati, Duwi. 2020. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Puspitaningrum, Ike dan Tri Hartiti. 2017. Peningkatan Kualitas Personal dan Profesional Perawat Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Yogyakarta: Deepublish.

Ratna, Nyoman Kuta. 2003. Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2009. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryani, Irma dan Rasdawita. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Berbasis Pendekatan Kontekstual di FKIP Universitas Jambi”. Jurnal Pena. Vol. 8 (1), pp: 80-92.

Suwendra, I Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacakra.

Tjandra, Evania & Iriene Cahyani Santoso. 2018. “Metodologi Heutagogi dalam Perspektif Keilmuan di Bidang Desain Interior pada Era 4.0”. Dipresentasikan pada seminal Nasional Seni dan Desain: “Konvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0” FBS Unesa pada 25 Oktober 2018.

Ulum, Bahrul. 2017. “Membudayakan Menulis Sebagai Kebutuhan Civitas Akademika”. Proceeding Seminar Nasional Budaya Literasi.

Waluyo, Herman. 2001. Drama: Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Wheeler, S.W.D. 2009. “Using Wikis to Promote Quality Learning in Teacher Training Learning”. Jurnal Media and Technology, 34 (1), pp: 1-10.

Yamin, Moh. 2018. “Kebijakan Literasi untuk Meningkatkan Produktivitas Publikasi di Perguruan Tinggi”. Jurnal JAS-PT. Vol. 2 (1), pp: 19-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v19i1.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

SINTAGoogle ScholarOCLC World CatISJDGARUDAPKP IndexCrossref 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz