PENGGUNAAN GAYA BAHASA MENURUT PILIHAN KATA DAN STRUKTUR KALIMAT DALAM IKLAN KAMPANYE PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014

Tri Saptarini

Abstract


TULISAN ini mengkaji penggunaan gaya bahasa dalam iklan kampanye pemilu legislatif
tahun 2014. Kajian dilakukan dengan menggunakan teori gaya bahasa menurut pilihan
kata dan struktur kalimat Keraf (2008:124–128), di samping teori penggunaan bahasa
dan bilingualisme dengan diglosia Lumintaintang (1997:1–5). Metode kajian adalah
deskriptif. Sampel data berupa data teks, monolog, dan dialog. Hasil kajian menunjukkan
adanya korelasi antara penggunaan gaya bahasa dalam iklan tersebut dan faktor latar
belakang asas partai (Islam dan Pancasila). Hipotesis kerja yang diajukan terbukti,
yaitu frekuensi penggunaan gaya pilihan kata BIRR dan BIRT pada ketiga jenis data
(teks, monolog, dan dialog) cenderung berkorelasi dengan latar belakang asas partai.
Persentase penggunaan gaya bahasa menurut pilihan kata BIRR cenderung digunakan
oleh partai berasas Islam dan BIRT pada partai berasas Pancasila. Demikian juga,
frekuensi penggunaan gaya bahasa menurut struktur kalimat repetisi pada ketiga jenis
data tersebut juga berkorelasi dengan latar belakang asas partai. Frekuensi penggunaan 

gaya bahasa menurut struktur kalimat repetisi cenderung digunakan oleh partai
berasaskan Pancasila daripada partai Islam.


Keywords


gaya bahasa, iklan, kampanye, pemilu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v13i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz