EVALUASI TERHADAP KINERJA TUTOR MATA KULIAH MATERI DAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD (PDGK4504) PADA PROGRAM S-1 PGSD UPBJJ-UT BANDUNG

NFN Ruganda

Abstract

TULISAN ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa mahasiswa semester 10 yang
salah dalam mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia ketika praktik
pembelajaran di SD, padahal mereka telah mendapatkan bantuan belajar dari tutor
melalui kegiatan tutorial pada semester 9. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh
gambaran tentang kinerja tutor dalam merencanakan dan melaksanakan tutorial di
UPBJJ-UT Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner untuk mahasiswa,
studi dokumentasi terhadap perencanaan tutorial, dan wawancara terhadap mahasiswa 

dan tutor. Populasi seluruh tutor Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
SD 33 orang dan seluruh mahasiswa semester 9 yang mendapatkan materi mata kuliah
tersebut sebanyak 3584 orang. Sampel tutor 10 orang atau 30% dari populasi dan
mahasiswa 360 orang atau 10% dari populasi. Teknik analisis data dilakukan melalui
penskoran, persentase frekuensi jawaban, rerata tiap indikator, penafsiran dan
interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata tutor pada umumnya
sudah baik dalam melaksanakan tutorial, tetapi masih ada kelemahan, antara lain, ada
ketidakkonsistenan dalam penyusunan RAT dan SAT, terutama dalam rumusan
kompetensi khusus dan kegiatan inti tutorial. Di samping itu, teknik simulasi belum
digunakan dalam tutorial, padahal teknik itu dapat membantu mahasiswa untuk
memahami dan menerapkan materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Keywords

evaluasi , kinerja tutor, mata kuliah PDGK4504

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.