DIALOG INTERAKTIF DI TELEVISI DENGAN REKAMAN UNTUK PEMBELAJARAN MENYIMAK

Nunung Sriwidianingsih

Abstract


KEGIATAN pembelajaran menyimak dengan rekaman dialog interaktif merupakan suatu
kegiatan yang perlu disusun secara sistematis. Kegiatan ini secara umum dibagi menjadi
dua bagian, yaitu kegiatan guru dan kegiatan siswa. Kegiatan guru merupakan ramburambu
yang menjadi acuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Kegiatan
ini disusun dengan memperhatikan tujuan serta media pembelajaran yang akan digunakan
untuk pembelajaran menyimak dengan rekaman dialog interaktif di televisi. Kegiatan
siswa kelas XI IPA-1 SMAN I Jatiwangi merupakan pola atau langkah-langkah yang
harus dilakukan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Penyusunan
kegiatan siswa berpedoman pada media pembelajaran yang digunakan. Langkah-langkah
yang ditempuh dalam kegiatan belajar mengajar dengan rekaman dialog interaktif di
televisi untuk pembelajaran menyimak pada siswa yang pada dasarnya dibagi menjadi
tiga bagian, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir atau penutup.


Keywords


dialog interaktif, media rekaman, pembelajaran menyimak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v13i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz