81 KETERAMPILAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI SQ3R DAN TES PILIHAN GANDA (7TH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION SKILL THROUGH SQ3R AND MULTIPLE CHOICE TESTS)

Tatu Hilaliyah

Abstract


Abstract
This paper discusses the effect of learning method and formative scoring technique implementation on students’ reading comprehension skill by controlling the students’ initial ability. The method used in it is quasi experimental design with 2X2 factorial design. The data are two controlled class and two experimental class of SMPN 3 and SMP IT Raudhatul Jannah in Cilegon City, Banten. Independent variables are learning methods and formative scoring technique, while the dependent one is reading comprehension skill. Learning methods consist of SQ3R and scramble, while the scoring formative techniques are multiple choices and cloze tests. The results show that the SQ3R method is able to determine the students’ in comprehending Indonesian texts using formative tests. Reading learning using the suitable methods  will improve students’ results. SQ3R method is more suitable with the multiple choice tests while scramble method is more suitable with cloze tests. 

Abstrak
Penelititian ini mendiskusikan pengaruh penerapan metode pembelajaran dan teknik penilaian formatif terhadap keterampilan pemahaman membaca dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Data penelitian adalah dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol pada SMP Negeri 3 dan SMP IT Raudhatul Jannah Kota Cilegon, Banten. Variabel independen adalah metode pembelajaran dan teknik penilaian formatif, sedangkan variabel dependen adalah keterampilan pemahaman membaca.
Metode pembelajaran terdiri atas SQ3R dan scramble. Teknik penilaian formatif terdiri atas pilihan ganda dan rumpang (cloze). Hasilnya menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat menentukan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks bahasa Indonesia dengan jenis tes formatif. Pembelajaran membaca dengan metode yang tepat akan meningkatkan hasil belajar siswa. Ketika metode SQ3R diimplementasikan, jenis tes pilihan ganda lebih baik diberikan kepada siswa, sedangkan jika metode scramble diberikan kepada siswa, jenis tes rumpang lebih
sesuai untuk menilai kemampuan membaca pemahaman siswa.


Keywords


learning method, SQ3R, scramble; multiple choice; reading comprehension skill

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdulloh. 2013 Keterampilan Membaca: Membaca Pemahaman. http://abdul lohaja.artikel.

com/2013/01/keterampilan-membaca-membaca-pemahaman.html, (diakses 1 Oktober

Ari Putri, Iga Cahyani DB. Kt. Ngr. Semara Putra, dan Siti Zulaikha. 2015. “Pengaruh Metode

Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia”, Jurnal Mimbar PGSD

Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan PGSD. (Vol: 2 No: 1 Tahun 2015).

Bachman, Lyle. 2005. Fundamental Considering in Communicative Performance.Oxford: Oxford

University Press.

Cruickshank, Donald R. et al. 2006. The Act of Teaching Fourth Edition. New York: Mcgraw-Hill.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. “Teknik Penulisan Soal Pilihan Ganda” (Jakarta: Dirjen

Dikdasmen, Dikmenum Proyek Peningkatan Mutu SLTP 1999/2000).

Hutchroft, Diana M.R. 1981. Making Language Work. A Practical Approach to Literacy for Teachers

of to13-Year-Old Children. London: McGraw-Hill.

Harjasujana, Ahmad Slamet dan Yeti Mulyati. 1996. Membaca 2. Jakarta: Depdiknas.

Joice, Iskandar. 2014. http://rumpilan.com/2013/06/metode-pembelajaran-bahasa-dalam-hal.html

(diakses 17 Maret 2014).

Moon, Jayne. 2000. Childrn Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Ltd.

Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nurhadi. 2016. “Budaya Baca Siswa SMP di Era Internet”. Bahasa dan Seni (Online) No. 1. Diakses

dari http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2012/01/8_- Nurhadi.pdf, pada 4 Januari

Nitko, Anthony J. 1996. Educational Assessment of Student. New Jersey: Prince Hall Inc.

Nurgiyantoro, Burhan. 2006. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

UGM.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Berbahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:

BPFE.

Popham, W. James. 1994. Classroom Assessment What Teachers Need to Know. New Jersey: Alyn

and Bacon.

Rubin, Dorothy. 1994. Diagnosis and Correction in Reading Intstruction. Boston: Allyn and Bacon.

Richards, Jack C. 2006. Communicative Language Teaching Today. Cambridge: Cambridge University

Press.

Reigeluth and Morre. 1997. Cognitive Education and Cognitive Domain. Indiana University.

Sudjana, Nana. 2005. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru.

Suparno. 1998. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY.

Syah, Muhibin. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandug: Angkasa.

Tessmer, Martin. 1995. Planing and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page Limited.

Tujiyanto. 2000. “Tingkat Keterbacaan Wacana dan Upaya Mengembangkan Keterampilan Berbahasa

dalam Lancar Berbahasa Indonesia 4 Sekolah Dasar,” Tesis (Semarang: Pasca Sarjana

ENNES, 2000).

The Beacon Learning Center. 1997. Strategies. http://www.justreadnow.comlstrategies/sg3r.htm.

(diakses 15 April 2014).

Yunitasari, Henys. 2014. Penggunaan Strategi SQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

Siswa Kelas VII SML Negeri 2 Singosari, 2008. http://library.um.ac.id/ptk/index.

php?mod=detail&id=51924 (diakses 17 Maret 2014).

Wartiningsih, Anita. 2014. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Teknik Scramble

Siswa Kelas IX, 2014”, http://library.um.ac.id/ptk/index.php?model-pembelajaran-scrambleartikel=

detail&id=51924 (diakses 17 Desember 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v17i1.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz