POLA BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SEKOLAH DASAR BINA ANAK BANGSA, KOTA PONTIANAK

NFN Martina

Abstract


BAHASA sebagai alat komunikasi dan interaksi memegang peranan penting dalam
lingkungan sekolah. Bahasa yang digunakan anak sekolah dasar sangat bervariasi, baik
sekolah umum maupun sekolah berbasis khusus. Sekolah dasar yang mendidik anakanak
berkebutuhan khusus tentu saja tidak dapat disamakan dengan sekolah untuk anak
yang normal. Dalam hal berbahasa pun akan ada perbedaan antara anak berkebutuhan
khusus dan anak normal. Berkaitan dengan itu, tulisan ini menyoroti pola bahasa anak
berkebutuhan khusus di kelas 1C, Sekolah Dasar Bina Anak Bangsa, Kota Pontianak.
Masalah dalam tulisan ini adalah bagaimanakah pola bahasa anak berkebutuhan khusus
di kelas 1C, Sekolah Dasar Bina Anak Bangsa, Kota Pontianak. Metode yang digunakan
adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan
bahwa pola-pola bahasa yang digunakan anak berkebutuhan khusus di kelas 1C meliputi
bidang fonologi, leksikal, dan sintaksis.


Keywords


pola bahasa, anak berkebutuhan khusus, Pontianak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v12i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz