SEMINAR SOCRATES SEBAGAI SOLUSI KETIMPANGAN PORSI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PRODUKTIF DAN RESEPTIF (SOCRATIC SEMINAR AS A SOLUTION TO THE IMBALANCE OF PRODUCTIVE AND RESEPTIVE SKILL PORTION IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING)

Novia Anggraini

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketimpangan porsi pembelajaran keterampilan berbahasa produktif dan reseptif serta memberikan alternatif solusi dari kondisi tidak ideal yang terjadi pada pembelajaran keterampilan berbahasa di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods). Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian
ditemukan bahwa jenis keterampilan produktif, yaitu keterampilan berbicara dan menulis mendapat porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan keterampilan reseptif, yaitu keterampilan menyimak dan membaca. Seminar Socrates menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan berbicara karena pembelajaran keterampilan berbicara memiliki porsi yang paling
sedikit dibandingkan pembelajaran keterampilan berbahasa jenis lain.


Keywords


socratic seminar; productive language skills; receptive language skills

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. 2016. “Peran Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Reseptif dalam Upaya Peningkatan

Keterampilan Berbahasa Produktif”. Jurnal Media Bina Ilmiah, Volume 10 Nomor 1,

−32. Dari http://www.lpsdimataram.com/phocadownload/Januari-2016/6-peran%20

pembelajaran%20keterampilan%20berbahasa%20reseptif-rabiyatul%20adawiyah.pdf

Ainin, F. 2017 . “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas

XI SMK Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi tidak diterbitkan.

Cahyani, N. A., Djuanda, D., dan Sudin, A. 2017. “Penerapan Metode VAKS (Visual, Auditory,

Kinestethic, Sugestopedia) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Materi

Memerankan Tokoh Drama”. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 2 Nomor 1, 1571−1580. Dari

http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10470.

Creswell, J. W. 2017. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Rianayanti Kusmini Pancasari. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. 2013. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta:

BPFE.

Putra, N. dan Herdarman. 2013. Konsep, Strategi, dan Aplikasi Metode Riset Campur Sari. Jakarta:

PT Indeks.

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Subyakto, S.U. dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Sudiati dan Widyamartaya. 2000. Kreatif Berbahasa: Menuju Keterampilan Pragmatik. Yogyakarta:

Penerbit Kanisius.

Sugiarsih, Septia. 2010. “Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di SD Negeri

Serang Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta”. Laporan hasil penelitian tidak diterbitkan.

Yanti, N., Suhartono, dan Kurniawan, R. 2018. “Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan

Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

FKIP Universitas Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume II Nomor I, 72−82. Dari https://

ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/5559.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v17i2.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz