PROBLEMATIK DALAM PENERAPAN BERAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN DI SMKN 11 KOTA MALANG (PROBLEMS ON APPLYING DIVERSE LEARNING STRATEGIES IN SMKN 11 OF MALANG CITY)

Muhammad Ayyinna Yusron El Farouq

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematika dan hambatan penerapan beragam strategi pembelajaran di SMKN 11 Malang dengan menggunakan ancangan deskriptif kualitatif dan melibatkan siswa dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, catatan lapangan, rekaman, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu mengambil data percontoh yang dianggap mewakili. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam penerapan strategi pembelajaran
di kelas X TSM 2 akibat adanya hambatan dalam proses belajar-mengajar. Dalam hal ini, guru kurang mampu menguasai, mengolah, mengatur waktu, dan menyesuaikan strategi dengan materi pembelajaran, serta terkendala dalam merealisasikan dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang diterapkan. Kurangnya motivasi siswa untuk belajar bahasa Indonesia juga menyebabkan terhambatnya penerapan
strategi pembelajaran. Solusinya adalah penerapan beragam strategi, penguasaan guru terhadap strategi, persiapan rancangan pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kompetensi guru, analisis kebutuhan siswa, pemilihan strategi pembelajaran yang tepat, pengembangan model pembelajaran yang inovatif, progresif dan kontekstual, dan penyediaan lingkungan belajar yang konstruktif. Semua alternatif itu diharapkan
dapat mengatasi problematika yang berlangsung saat penerapan strategi pembelajaran sehingga kreativitas, inovasi, serta dinamika proses belajar- mengajar menjadi lebih baik.


Keywords


problematika; strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Y. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Bogdan, R. C., & Taylor, S. 1975. Introduction to qualitative research methods. New York: Wiley.

Brown, D. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education.

Creswell, John W. 2007 Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Darmawan, D. 2014. Inovasi Pendidikan “Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Degeng, I. N. S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang bekerja sama dengan Biro Penerbitan Ikatan Teknologi Pendidikan.

Gagne. R.M. 1970. The Conditions of Learning. Illinois: The Dryden Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Heinich, R. dkk. 2002. Instructional Media and the New Technologies of Instruction. United States of America: Merin Prantice Hall.

Hedge, T. 1992. Writing: Resource books for teachers. Oxford: Oxford University Press.

Huda, M. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, A.S. dan Yuni, S. 2013. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid dan Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ismawati, E. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak

Keraf, G. 2005. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Nusa Indah.

Majid. A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Machmudah. 2005. Program Mahasiswa Mengajar: Peran Learning Resources Musyrif Ma’had UIN Maliki Malang. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Volume III. Malang: UIN Malang Press.

Maswan dan Muslimin. 2017. Teknologi Pembelajaran “Penerapan Pembelajaran yang Sistematis”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miarso, Y. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nur, M dan Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Program Pascasarjana IKIP Surabaya.

Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status. New Jersey. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Setyosari, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2008. Meteode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsiman. 2012. Sosiolinguistik dan Kebijakan Pengajaran. Surabaya: UNESA Press.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhriyah. 2017. Makalah artikel dicetak pada Prosiding Seminar Nasional Isu-Isu Kontemporer Dalam Upaya Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Malang: Polinema Press.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v17i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz