ANALISIS DAN VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN SINTAKSIS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (ANALYSIS AND VALIDATION OF SYNTAX LEARNING TOOL BASED ONPROBLEM BASED LEARNING)

Trisna Helda, Dina Ramadhanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Sintaksis. Perangkat pembelajaran itu terdiri atas RPS, SAP dan bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D  (four-D models). Dan penelitian ini baru sampai pada tahap pengembangan (develop), validasi berupa produk yaitu perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus, RPS, SAP dan bahan ajar, untuk mata kuliah Sintaksis.Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil validasi perangkat pembelajaran(RPS, SAP dan buku ajar) sebagai berikut.Pertama, berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi RPS secara memperoleh nilai rata-rata 86,53 dengan kategori sangat valid. Kedua, berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi SAP secara memperoleh nilai rata-rata 84,65 dengan kategori sangat valid. Ketiga, berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi buku ajar secara memperoleh nilai rata-rata 85,66 dengan kategori sangat valid.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, berbasis problem base learning, sintaksis

  Abstract: This research was conducted to develop PBL-based learning tools that are valid, practical, and effective for use in the learning process in the course of Syntax. The learning tool consists of RPS, SAP and teaching materials. This type of research is development research using 4-D model (four-D models). And this research just to the stage of development (development), validation in the form of products that are learning tools consisting of syllabus, RPS, SAP and teaching materials, for subjects Syntax. Based on the results of the analysis that has been done can be obtained the validation of learning tools (RPS, SAP and textbooks) as follows. First, based on the validation results of experts and practitioners RPS obtained an average value of 86.53 with the category is very valid. Secondly, based on the validation results of experts and SAP practitioners obtained an average score of 84.65 with very valid category. Third, based on the results of validation of experts and practitioners of textbooks obtained an average score of 85.66 with very valid category.

 

 

Keywords: learning tool, problem base base learning, syntax

 


Keywords


Kata kunci: perangkat pembelajaran, berbasis problem base learning, sintaksis

Full Text:

PDF

References


Atmazaki.2013. Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Warmada, I. W. (2004). Problem-based learning ( PBL ) berbasis teknologi informasi ( ICT ) ∗, 21(October 2003), 22–23.

Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Fogarty, Robin. 1997. Problem Based Learning and Other Curriculum Models for The Multiple Intelegences Classroom. Illinois: Sky Light Training and Publishing.

Nazir, Moh. 2009.Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group.

Sukardi.2003. Metode Penelitian Pendidikan: “Kompetensi dan Praktiknya”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zainuddin, dkk. 2012. Pengembangan Modul Fisika Bumi-Antariksa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Fkip Unlam. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Jilid. 27, No. 1, (diakses 25 Juli 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v16i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz