PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SISWA AKTIF BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA (PENELITIAN PADA MURID KELAS V SD TUNAS UNGGUL BANDUNG)

Yeti Heryati

Abstract


THIS writing is based on the need to develop elementary school students speaking
skill. Actually teachers don't make it a priority whereas it is one of the important
skills to be taught. Therefore a speaking skill leaning model is needed in order to
optimize the development of elementary students' potencies. Hence, Active Student
Learning is designed to evaluate the effectiveness of students' speaking skill
learning in elementary school. Quasi Experimental design was taken as the main
method of the research. 60 students of fifth grade of Tunas Unggul Elementary
School were taken as a sample which constitutes 30 students in the experimental
class and 30 students in the control class. Test, observation, and interview were
taken as the instruments. Descriptive analysis was used to analyze the observation
and interview. Furthermore, T-test was taken to analyze students' test result. The
result shows that the ASL model effectively improves students' speaking skill. The
competencies that students achieved are (1) pronouncing; (2) tone and pause;
(3) diction; (4) content of speaking; (5) speaking fluency; (6) facial expression
and eye contact. The treatment of ASL which gives positive sides to help students
improving their speaking skills are (1) The ASL involves all aspects of mind,
emotion, physical, and experiences, (2) The ASL is able to create multiple
interaction, (3) ASL optimizes teacher's role as the facilitator and the mediator,
(4) The ASL improves student's creativity, (5) the serial pictures as learning media
gives the opportunity to the students in expressing themselves and their
experiences.

 

Abstrak
PENELITIAN ini didasari oleh adanya kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan
berbicara pada siswa sekolah dasar. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran
berbicara belum mendapat perhatian yang serius dari guru. Padahal, kemampuan

berbicara sangatlah penting. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang
dapat mengembangkan potensi siswa sekolah dasar dalam keterampilan berbicara
secara optimal. Dalam konteks inilah peneliti merancang penelitian tentang model
Pembelajaran Siswa Aktif (PSA) yang bertujuan untuk menguji keefektifan model
PSA dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekolah dasar. Penelitian ini
termasuk penelitian kuasi-eksperimen. Subjek penelitiannya adalah murid kelas V
Sekolah Dasar Tunas Unggul dengan sampel 60 orang yang terdiri atas 30 murid di
kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes,
pengamatan, dan wawancara. Analisis data pengamatan dan wawancara menggunakan
teknik deskriptif analisis, sedangkan analisis data tes menggunakan teknik analisis
statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PSA efektif meningkatkan
keterampilan berbicara murid. Kompetensi yang dicapai murid setelah mengikuti model
PSA berupa keterampilan: (1) mengucapkan ujaran; (2) menggunakan nada dan jeda;
(3) memilih diksi dan menggunakan kalimat; (4) memahami isi pembicaraan; (5)
berbicara lancar; dan (6) mengekspresikan mimik dan kontak mata. Selain kompetensi
kebahasaan, model PSA memiliki keunggulan sebagai berikut: (1) mampu melibatkan
seluruh aspek pikiran, emosi, fisik, dan pengalaman murid, (2) dapat menciptakan
interaksi multiarah dalam pembelajaran, (3) dapat mengoptimalkan peran guru sebagai
fasilitator dan mediator dalam pembelajaran, (4) dapat menumbuhkan kreativitas murid,
serta (5) dapat memberikan peluang kepada murid untuk mengekspresikan diri dan
pengalamannya secara optimal (dengan menggunakan gambar berseri sebagai media
pembelajaran).


Keywords


model Pembelajaran Siswa Aktif, keterampilan berbicara, pembelajaran berbicara;model of Active Student Learning, speaking skill, and speaking learning

Full Text:

PDF

References


Brook, Nelson. 1964. Language and Language Learning. New York: Harcourt Brace&World, Inc.

Byrne, Donn.1976. Teaching Oral English. London. Longman.

Carter, Ronald and David Nunan. 2001. The Canbridge Guide to Teaching English to Speakers of

Other Languages.Canbridge Universitas Press.

Frankel, J.R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research. New York: McGraw-

Hill Inc.

Johnson, Keith & Morrow, Keith. 1981. Communication in the Classroom; Application and Methods

for a Communicative Approach. London: Longman.

Long, M.H. 1983. Does Second Language Instruction Make a Difference? A Review of the Research.

TESOL Quarterly 17.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta:

BPFE.

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jogjakarta: PT BPFE.

Rakhmat, Jalaluddin. 1992. Retorika Modern. Pendekatan Praktis. Bandung: Rosda.

Rivers,W.M. 1968. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: The University of Chicago Press.

Silberman, Mel. 1996. Active Learning. 101 Strategies Teach Any Subject. Boston: Allyn and Bacon.

Suherdi, Didi. 2004. “Efektivitas Model Pembelajaran Berorientasi kepada Produk Berbasis Interaksi

Afeksionis dalam Peningkatan Mutu Hasil Belajar Bahasa Indonesia”. Disertasi UPI Bandung.

Sumardi, M. 1992. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah: Gramatika atau Komunikasi Berbagai

Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widharyanto, dkk. 2003. Student Active Learning sebagai Salah Satu Pendekatan dalam KBK.

Universtitas Sanata Dharma Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v14i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz