METODE SCL BERBASIS E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN SEBAGAI BAHASA ASING (SCL-METHODS BASED ON E-LEARNING IN GERMAN AS A FOREIGN LANGUAGE)

Kamelia Gantrisia, Dian Ekawati, Genita Cansrina

Abstract


Abstrak: Dengan pesatnya perkembangan teknologi media di semua bidang termasuk di bidang pendidikan, proses pembelajaran bahasa asing juga telah berubah secara permanen. Penggunaan media digital dalam kegiatan belajar mengajar, baik di dalam maupun di luar kelas menjadi sangat penting untuk dilakukan. Penelitian yang sedang berlangsung ini merupakan penelitian eksploratif dan deskriptif untuk memaksimalkan penggunaan media digital dalam metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning/SCL). Berbagai materi pembelajaran yang diperoleh melalui media digital diintegrasikan ke dalam metode pembelajaran SCL, dengan studi kasus pada buku teks Netzwerk A1. Berdasarkan teori dari Astleitner (2000), Kron (2003, 2008), Astleitner dan Steinberg (2005), Budka and Mader (2006) dan Hillen dan Landis (2014) penelitian ini mencoba membuat peta metode SCL pembelajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing bagi pemula dengan menggunakan teknik dan bahan e-learning terutama untuk mahasiswa di Universitas Padjadjaran Bandung Indonesia dan untuk menerapkannya dalam proses belajarnya. Hasil pemetaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa data-data yang diperoleh melalui media digital lebih menekankan pada kompetensi berbicara (Sprechen). Metode SCL yang sangat mendukung capaian kompetensi berbicara melalui latihan berbasis e-learning ini adalah Role-Play & Simulation.

Kata kunci: e-learning, SCL, bahasa Jerman, bahasa asing

 

Abstract:  With the rapid development of media technology in all areas including in education, the learning process of foreign language has also changed permanently. Using of digital media in teaching and learning activities, both inside and outside the classroom becomes very important to do. This ongoing research conducted explorative and descriptive studies to maximize the using of digital media in student-centered-learning methods (SCL). Various learning materials obtained through digital media are integrated into the SCL learning methods, with case studies in Netzwerk A1 textbooks. Based on the theories from Astleitner (2000), Kron (2003, 2008), Asleitner and Steinberg (2005), Budka und Mader (2006) and Hillen and Landis (2014) this research tries to make a map of the SCL-methods of learning German as a foreign language by using e-learning techniques and materials especially for the students at the University of Padjadjaran Indonesia and to implement it in its learning process. The results of the mapping that has been done showed that the materials obtained through digital media more emphasis on the speaking competence. SCL method that strongly supports this competence through this e-learning training is Role-Play & Simulation.

Keywords: e-learning, SCL, German, foreign language

Keywords


e-learning, SCL, German, foreign language

Full Text:

PDF

References


Astleitner, Hermann. (2000). “The FEASP-approach”. Instructional Science Vol. 28 No. 3.

Astleitner, H., Steinberg. (2005). “Are there gender difference in web-based learning? An integrated model and related effect sizes. AACE Journal. International Forum on Information Technology and Education 13.

Budka, P., Mader, E. (2006). “E-learning in the social sciences: experiences with creating communities, networks and strategies. Paper presented at Conference Learning Communities: Der Cyberspace als neuer Lern- und Wissensraum, Klagenfürt, Austria, 9-11 November 2006.

Dengler, et al. (2017). Netzwerk A1 Deutsch als Fremdsprache. Kursbuch. Stuttgart: Ernst Klett Verlag GmbH.

Dengler, et al. (2017). Netzwerk A1 Deutsch als Fremdsprache. Arbeitsbuch. Stuttgart: Ernst Klett Verlag GmbH.

Dengler, et al. (2017). “Netzwerk A1 Deutsch als Fremdsprache. Interaktive Tafelbilder - Hinweise”. Stuttgart: Ernst Klett Verlag GmbH. https://www.klett-sprachen.de/download/4055/NetzwerkA1%5FTafel%5FHinweise%5Fend1.pdf diunduh pada tanggal 22 Mei 2017, Pukul 4.51 WIB.

Dengler, et al. (2017). “Netzwerk A1 Deutsch als Fremdsprache. Interaktive Tafelbilder - Hinweise”. Stuttgart: Ernst Klett Verlag GmbH. https://www.klett-sprachen.de/download/1671/Netzwerk%5FLehrerhandreichungen%5FTafelbilder%5FA1.pdf diunduh pada tanggal 22 Mei 2017, Pukul 4.53 WIB.

Hillen, S.A., Landis, M. (2014). “Two Perspectives on E-Learning Design: A Synopsis of a U.S. and a European Analysis. The International Review of Research in Open and Distributed Learning Vol. 15 No. 4.

Kron, F.W., Sofos, A. (2003). Mediendidaktik. Neue Medien in Lehr- und Lernprozessen. München: Ernst Reinhardt.

Kron, F.W. (2008). Grundwissen der Didaktik. 5th ed. München, Basel: Reinhardt.

Lösche, Ralf-Peter. (2017). Netzwerk A1 Deutsch als Fremdsprache. 40 Interaktive Tafelbilder zum Download. Stuttgart: Ernst Klett Verlah GmbH & Langenscheidt bei Klett.

O’Neill, G., McMahon. (2005). “What Does It Mean for Students and Lecturers”. http://www.jfn.ac.lk/ OBESCL/MOHE/SCL-articles/Academic-articles/14.SCL-2.pdf diunduh pada tanggal 24 Januari 2017, Pukul 4.53

Seufert, et al. (2001). “Leitfaden zum Einsatz von E-Learning zur Unterstützung der Lehre”. Dalam: http://www.unibielefeld.de/erziehungswissenschaft//scs/ pdf/leitfaden/lehrende/elearning.pdf diunduh pada tanggal 27 Februari 2017, Pukul 11.21

Sailah, et al. (1996). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v16i1.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz