KERANCUAN KALIMAT DALAM TULISAN SISWA SMA 1 SIJUNJUNG

Kartika Sari

Abstract


Writing skill involves all language skills that should be learned theoretically.
It involves correct reasoning. Some people think that writing is the most
difficult language skills. Difficulties that are often experienced by students in
essay writing are how to manage a good sentence understandable by readers.
Preparing a good sentence is not just constructing sentences, but to produce
a series of sentences that are regular and related to one another. The problem
in this research is how the sentence ambiguity in students’ writings of SMA
1 sijunjung. This study aims at describing the use of words in Indonesian
sentences by the students of SMA 1 Sijunjung. This research uses descriptive
method with the data sources derived from student’s writings of the school.
This study found sentence ambiguity and inappropriate use of conjunctions
in their writing. The sentence ambiguity was due to the unnecessary use of
words, the absence of the subject, and the inappropriate uses of the word.

 

Abstrak
Menulis melibatkan seluruh kemampuan berbahasa yang dipelajari secara
teoretis dan melibatkan nalar yang benar. Beberapa orang beranggapan bahwa
menulis termasuk keterampilan berbahasa yang paling sulit. Kesulitan yang
sering dialami siswa dalam menulis karangan adalah penyusunan kalimat yang
baik agar bisa dipahami oleh pembaca. Penyusunan kalimat yang baik tidak
hanya menyusun satu kalimat atau beberapa kalimat yang tidak berhubungan,
tetapi menghasilkan rangkaian kalimat yang beraturan dan berhubungan satu
dengan yang lain. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kerancuan
kalimat dalam tulisan siswa SMA 1 Sijunjung? Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif dengan sumber data berupa tulisan siswa SMA 1
Sijunjung. Kalimat yang rancu dan ketidaktepatan penggunaan konjungtor
ditemukan dalam tulisan siswa SMA 1 Sijunjung. Kalimat rancu disebabkan
oleh kehadiran kata yang tidak diperlukan, ketidakhadiran subjek, dan ketidaktepatan
penggunaan kata.


Keywords


writing; essay; sentence; menulis; tulisan; kalimat

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. et al. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia: untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa.

Jakarta: Diksi Insan Media.

Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2009. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta:

Muhammadiyah University Press.

Mulyani, Mimi. 2012. “Sintagmatik Pembelajaran Menulis Catatan Harian Berbasis Kearifan Budaya

Lokal: Suatu Alternatif Model Pembelajaran Keterampilan Menulis yang Berorientasi pada

Pendidikan Karakter” dalam Metalingua, 10 (1): 27—40.

Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Oktavianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press.

Putrayasa, Ida Bagus. 2006. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Analisis Kalimat (Fungsi, Kategori, dan Peran). Bandung: Refika

Aditama.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007a. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan logika). Bandung: Refika Aditama.

Sabarti, Akhadiah, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis.

Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana

Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indoesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sumadi 2010. “Tipe Kalimat Inversi dalam Bahasa Jawa Ngoko” dalam Widyaparwa 38 (2):

—134.

Tarigan, Hendri Guntur. 2006. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winkel. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Zalmansyah, Achril. 2014. “Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar (Sebuah

Kajian Berdasarkan Taksonomi Kesalahan Berbahasa”. Dalam Salingka, 11 (2): 220—232.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v15i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz