PENGEMBANGAN BUKU SISWA TEMATIK KELAS V SEMESTER 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (THE DEVELOPMENT OF 2nd SEMESTER OF 5TH GRADE STUDENT BOOK USING TWO-STAY TWO-STRAY MODEL)

Lita Aditya Khoirun Nisa

Abstract


Penelitian tentang pengembangan buku siswa tematik kelas v semester 2 dengan menggunakan model two stay two stray ini dilakukan untuk tugas akhir dan sebagai literatur berbahasa yang benar serta memberikan pengetahuan yang baru tentang pembelajaran tematik dengan baik, benar, dan menyenangkan. Implementasi buku siswa ini dikembangkan berdasarkan aktivitas dan respons siswa dan guru serta hasil belajar siswa. Masalah dalam tulisan ini adalah pengembangan buku siswa tematik kelas v semester 2 dengan menggunakan model two stay two stray. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara validasi, observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisi digunakan dengan statik deksriptif, yaitu mendekripsikan tentang proses pengembangan dan kualitas buku siswa yang dikembangkan. Hasil penelitian ini sangat layak digunakan untuk kelas 5 Sekolah Dasar, karena telah divalidasi oleh tiga validator dengan persentase 97%.

Keywords


Penelitian, Pengembangan buku siswa tematik, Model two stay two stray.

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2012. Pedoman Umum Pembentukan Istilah . Cetakan

Ketujuh. Jakarta: KDT.

Thiagarajan, S, Semmel, D.S, Semmel, ML. 1974. Instruction Development for Treaning Teacher of

Exceptional Children. Minnesota : University if Indiana.

Tim Penyusun Kualita Pendidikan Indonesia. 2013. Modul Tematik Integratif. Surabaya: KPI

Indonesia.

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Preatsi Pustaka.

Ulfah, Fitriyah. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray terhadap

Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa.

Khak, M. Abdul. 2015. “Formula Kuasa dalam Bahasa Surat Kabar: Analisis Dimensi Mikro.”

Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Vol. 13 No. 1, Juni 2015

Soleha, Yuharti Srie. 2014. “Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Teknik Pemandangan Indah

pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Percobaan (SDNP) Cileunyi, Kabupaten Bandung.”

Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Vol. 12 No. 1, Juni 2014

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1285diunduh pada tanggal 18 Desember

, pukul 18.38 WIB.

http://agnesnata.blogspot.co.id/ diunduh pada tanggal 19 Desember 2017, pukul 13.56 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v16i1.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal METALINGUA Indexed by:

Google Scholar Directory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)  Crossref Mendeley 

 

@2016 Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113 Laman: http://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/

Powered by OJS, edited by donz